Ragi Instan Halal MUI

Bismillahirahmaanirahiim

Alhamdulillah bisa ngeblog lagi,setelah cutii lamaaa,Kali ini akan share Ragi Halal lagi,di konten-konten sebelumnya sudah pernah menulis tentang ini,tapi di konten ini lebih lengkap dari yang sebelumnya seiring bertambahnya informasi yang saya dapat,Rasanya tidak pernah bosan berbagi sesuatu yang saya tau semoga bermanfaat bagi banyak orang,Aamiin. Satu hari dibulan Desember seperti biasa saya bikin rusuh di TBK,xixiixixixi,mas-mas yang sudah lama kerja disana sudah kebal saya nyinyirin,semoga seterusnya tabah dengan kenyinyiran saya ya mas,nah langsung saja saya tulis beberapa merek Ragi instan bersertifikat halal MUI beserta foto-foto hasil investigasi sayaa emak-emak yang selalu nyinyir soal kehalalan suatu produk,halal is my way☺☺☺

1.Mauripan

Ini jelas yaaa,sudah pernah saya posting pada konten yang telah lama berlalu,logo Halal MUI langsung menempel di product. Baik yang ukuran 500gr maupun kemasan Sachet.





2.Angel

Ini Juga pernah saya posting pada konten ditahun-tahun sebelumnya,monggo diacak-acak blog ini,untuk Angel logo halal MUI hanya nempel dikemasan yang kecil/sachet,sedang yang besar tidak ada,saya rasa sama saja yaa,tapi kalau ragu beli yang kecil/sachet saja.



3.Fermifan

Nahh ini dia nih yang saya baru tau kalo Ragi merek ini sudah bersertifikat halal, ingin banget
saya sertakan fotonya, tapi kunjungan saya ke Tiga TBK ngga nemu merek ini, jadi saya tau dari mana kalau Fermifan Halal? Dari Fanpage Halal Corner Indonesia, berikut saya sertakan Foto dari Halal Corner yang saya dapat pada Desember lalu,ini adalah Sertifikat Halal dari Eropa. 


4.Saf Instan

Wahhh ini lebih kejutan bagi saya,saya tidak pernah memakai ragi ini sama sekali karena DULU saya bolak balik kemasan sachet maupun yang besar tidak ada logo Halal MUI,namun kunjungan saya ke TBK lagi-lagi di bulan Desember yang lalu,saya menemukan logo Halal MUI di kemasan besar yang 500gr,berikut saya posting foto Ragi berat 500gr itu,namun yang sachet belom ada logo Halal MUI nya yaaa,kalau Ragu beli lah yang ukuran besar saja,seperti saya yang langsung membeli,xixiixixi.




Baca juga : Ulasan segala jenis oven, klik disini
Baca juga : Kalis elastis dengan mixer biasa, klik disini
Baca juga: Bread improver halal, klik disini
Baca juga: cara memanggang roti dengan Oven Tangkring klik disini

5. Magest 

Nah kalo yang kelima ini sepertinya merek baru,karena saya baru melihat dan tak pernah mendengar ragi dengan merek magest,sudah berlabel halal MUI yaaa,Yang mau mencoba silahkan cari TBK terdekat.



Intinya hampir semua ragi instan yang beredar di Indonesia kini sudah berlabel halal MUI,seorang kenalan saya mengatakan ragi instan merek TULIP itu bagus banget karena sudah mengandung pelembut,namun saya belom ketemu Data Halal corner atau melihat langsung logo Halal MUI yang nempel di kemasan,merek ini banyak sekali di TBK,tapi saya ngga berani pakai,apalagi buat TITAAN PREMIX tercinta,xixixixi,padahal pengen banget nyobain yang bagus-bagus,hehehhee,sekian dulu info tentang ragi instan yang telah mengantongi sertifikat HALAL MUI,sampai ketemu pada konten berikutnya yaaa☺☺☺

Comments

  1. Assalamualaikum, salam kenal mbak Hesty...
    Infonya manfaat sekali buat saya. Paaass banget, saya lagi nyari info ttg ragi roti terutama yg banyak beredar di pasaran surabaya, yaitu fermipan dan saf instan.
    Duluuu... Pernah beli dan pake fermipan sudah ada label halal HFCE di kemasannya.
    Bbrp waktu lalu pas beli dan mau pake si fermipan, koq mata ini iseng nyari logo halal itu lagi dan langsung bergejolak hati dan pikiran saya terbayang sudah berapa kali bikin dan makan produk tanpa garansi kehalalan nya.
    Saya coba ke tbk nyari fermipan dg label halal juga ga nemu, akhirnya urungkan niat untuk bikin roti 🙁
    Alhamdulillah, nemu postingan mbak Hesty yg menjawab kegalauan saya.
    Makasih sharing nya mbak, jazaakillah khoiron katsiro.

    Semangat lagi bikin roti 😍💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam,salam kenal kembali ya mba santi,Sama-sama mba semoga bermanfaat,Halal is Our way ya mbaaa.... *_*

      Delete
  2. Makasih ya... sering2 share produk halalan Thayyibannya, ditunggu...:)

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum...
    Mbk sy mw tanya.kmrn sy ada baca kiriman tmn di fb yg memberitahukan kl fermipan dan saf instan itu mengandung bhn2 yang bersifat babi.apakan itu benar?sy jd ragu mw buat kue utk anak2.terima kasih mbk.wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waikumsalam mbaa alqa dan ayune,mohon maaf sebelumnya mbaa,biasakan kalo kita baca artikel atau apapun itu berasal dari sumber yang jelas dan terpercaya,jangan cuma “katanya katanya” Alhamdulillah postingan saya semua berasal dari sumber yang jelas,seperti merek permifan,sumber dari halal corner indonesia,dan ketua Halal corner indonesia adalah mba Aisha Maharani,Mantan karyawan LPPOM majelis ulama Indonesia,insyaAllah amanah,Sertifikat halal permifan bersumber dari Halal council of europe (HFCE) atau sertifikat Halal eropa,bisa dilihat pada postingan diatas,sedang saf instan ada logo halal mui dikemasan,btw kalau kita tidak percaya pada lembaga-lembaga tersebut,lantas kepada siapa kita percaya? Haruskah kita ngecek sendiri?lembaga sertifikat halal itu adalah perwakilan konsumen untuk memastikan apakah product itu halal atau tidak. Kembali lagi kepada konsumen,akan percaya pada lembaga sertifikat halal atau pada “Katanya katanya” yang belom jelas sumbernya dari mana. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya,Wassalam.

      Delete
    2. Benar sekali pendapat anda kita sebagai manusia memiliki profesi berbeda tapi kita dilindungi oleh payung hukum oleh karenanya kita layak percaya pada lembaga lembaga tersebut apalagi mereka sudah memakai label ISLAMIC jadi sudah terjamin tidak mungkin perusahaan besar menipu konsumennya hanya karena persoalan ini (walau pernah ada berita/desas desus penyedap rasa halal ternyata mengandung enzim babi) tapi semua kita pasrahkan pada lembaga tersebut, karena kepada siapa lagi kita percayakan hal tersebut. satu hal yang pasti merekalah yang bertanggung jawab akan hal ini. Jadi kita santai saja nikmati tanpa ragu kehidupan indah dunia ini dengan berbagai macam makanan sehat dan bergizi.

      Delete
  4. Assalamu'alaikum.. saya juga tertarik pake merk tulip mba.. cuma karena blom nemu keterangan halalnya secara real akhirnya saya urubgkan niat buat pake si tulip itu.. padahal katanya bagus banget untuk jenis rerotian.. oiya mba. Mau nanya.. bedanya saft-insta yg warna pack biru dan kuning apa ya mba? Makasih mba jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam,tos ah saya juga pengen nyoba,mba kumala ini yang pernah wa kan yaa...😘

      Delete
  5. Asslmkum...kmrn2 galau mo bikin roti n donat gara2 baca artikel ragi merek fermipan mengandung E147 (berbahan dr babi), pdln sering pake itu. Dan pas dicek dikemasannya memang ada tulisan itu dikomposisinya dan ga ada label halalnya. Tapi pas baca artikel mb ini, kayaknya mau coba pke fermipan lg lah hehe...ini sy lg coba pke merek New GS, bisa info ga mb merek itu halal pa ga?? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam bunda Nada,belom pernah ketemu merek itu Mba,jadi belom bisa bantu... :)

      Delete
  6. Assalamu'alaikum salam kenal mb Hesty...maaf katanya fermipan halal ya ?
    Ini saya di warung dekat rumah beli fermipan tdk ada label halal diimport oleh PT Sangra Ratu Boga
    Jakarta utara
    Made in france (Perancis)
    Dan pengemulsinya kode E 491 ( bukankah itu mengandung babi ) ??
    Terima kasih
    Wassalam

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum.. Mba, kalau cari tau produk halal ngganya dimana ya? Saya lagi galau dg ragi bakpao Super GS. Ada saran kalau buat bakpao memakai ragi roti bisa tidaknya? Soalnya saya ga menemukan logo halal di produk yg diproduksi Big One Indonesia, Medan.

    Makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam,hi mba lies sebelumnya terima kasih sudah berkunjung kesini,biasa saya ngecek halal atau tidaknya suatu produk dari kemasan,sayangnya tidak semua kemasan produk menyertakan label halal MUI,contoh baking powder merek herculles,dikemasan tidak ada,padahal produk ini Sudah bersertifikat halal MUI. Jadi saya biasanya telusuri dari Website resmi Majelis ulama Indonesia atau kadang dari Halal corner,atau kadang juga saya langsung chat ke Admin nya LPPOM MUI Kepri,kebetulan saya sudah mengurus sertifikat halal untuk produk saya,jadi punya akses langsung untuk bertanya macam-macam tentang produk halal. Kalo ragi Bakpao yang mba lies sebutkan,saya belom pernah liat di kota kami,jadi belom bisa bantu. Coba mba buka website resmi MUI,masukin nama Produk atau PT,mudah2an ada ya mba biar ngga baper lagi. Heee.

      Delete
  8. Makasih mbak info nya. Tapi saya masih ragu mbak dgn saf-instand, krn di dlm komposisinya terdapat kandungan E491,yg mana kode tsb mengandung lemak babi.Mohon penjelasan nya mbak. Terimah kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikit nimbrung ya...kode E 491 belum tentu haram, masuknya memang syubhat. Ini adalah asam lemak yg bisa didapat dr tumbuhan atau hewan. Nah yg dr hewan ini yg kita gak tau dr hewan apa, makanya jatuhnya syubhat, tapi belum tentu semua dr babi. Hrs ditanya ke perusahaan yg membuat atau ke lembaga yg menguji produk tersebut.

      Delete
  9. Maav ya mbaa,saya bukan team Lppom MUI yang bertugas untuk mencari tau bahan-bahan yang terkandung di dalam suatu product,silahkan tanyakan pada Yang berwenang disini LPPOM MUI yang sudah mengeluarkan sertifikat halal,sekian,terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  10. Bismillah
    Mbak apa ada info untukauntuk ragibragi merkymerk Pakmaya sudah halal atau tidak. Di tempat saya hampir semua toko kue jual ragi ini..made in turki. Tapi belum ada label halalnya. Bisa jadi seperti fermipan tadi, sudah halal raoi belum ada lebel. Teriakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan masuk pada link ini (apakah Fermipan -HFCE masuk....) http://www.halalmui.org/images/stories/LSHLN%20LPPOM%20MUI.pdf dan https://www.halalmui.org/mui14/main/page/daftar-lembaga-sertifikasi-halal. Syukron....

      Delete
    2. Bantu jawab...........Silahkan masuk pada link ini (apakah Fermipan -HFCE masuk....) http://www.halalmui.org/images/stories/LSHLN%20LPPOM%20MUI.pdf dan https://www.halalmui.org/mui14/main/page/daftar-lembaga-sertifikasi-halal. Syukron....

      Delete
  11. untuk merk2 seperti mauripan, angel, maggest sudah bisa dapat label halal MUI, kenapa merk fermipan sepertinya kesulitan utk dapat label halal MUI? merk2 yg lain sprtinya mudah saja dpt sertifikat tsb sejak awal muncul produk2 dgn merk mereka 😢

    ReplyDelete
  12. Mba, coba review RAGI yang merk PRIME dong, makasii sebelumnya

    ReplyDelete
  13. Assalamu' Alaikum mba saya jg mau bertanya di mana-mana ragi pakmaya beredar di seluruh wilayah Gorontalo,apakah ragi pakmaya itu halal?

    ReplyDelete

Post a Comment