Review OVEN

Bismillahirahmaanirahiim

Alhamdulillah bisa ngeblog lagi,hari ini ingin berbagi pengalaman kepada teman-teman yang mungkin sedang galau karena ingin membeli oven,baik itu untuk rumah tangga maupun buat industri kecil,alhamdulillah saya sudah merasakan menggunakan semua jenis oven,karena januari lalu saya kembali mengupgrade oven gas manual saya menjadi oven gas otomatis,karena berbagai pertimbangan,insyaAllah akan saya share disini. Langsung kita mulai yaa...

Oven Gas Otomatis
1.Oven tangkring
 Oven ini dahulu kala adalah pemberian Mamaku,karena Mama semakin menua dan beliau merasa tidak lagi membutuhkan benda-benda berbau baking,maka oven tangkring beliau diwariskan kepada saya. Oven jenis ini tersedia berbagai ukuran,kalau kamu butuh oven hanya untuk sekedar bikin kue kering atau bolu biasa alias cake,ini udah pas banget,tinggal disesuaikan ukurannya,kalo kamu buat rumah tangga cukup membeli ukuran paling kecil,didalam oven terdapat 3 rak yang lebih dari cukup kalo untuk konsumsi rumah tangga. Namun bila kamu untuk industri kecil,misal untuk berjualan kue kering,kamu boleh memilih ukuran yang besar agar bisa bermuatan banyak.

Tapi kalo kamu ingin eksperimen bikin Roti,Bolu gulung,bahkan ingin membuat lapis legit,ini ngga bisa yaaa,karena oven ini tidak menggunakan api atas,bisa sih bikin roti dan bolu gulung,tapi hasilnya kurang maksimal,heeehehee,karena biasanya saya menggunakan api atas untuk roti dan bolu gulung di menit-menit terakhir sehingga hasilnya bisa maksimal dan cantik. Selain itu oven ini agak ribet karena harus naik turun kompor,tapi Saya tetap memakai oven ini sesekali,misal adonan sudah dibuat dan listrik padam,maka saya tentu saja melanjutkan mengoven dengan oven tangkring. Dan satu lagi kelemahan oven ini,tidak ada pengaturan suhu serta timer,jadi memang harus main feeling,ngga boleh ditinggal selama pengovenan,khawatir gosong kalau ditinggal. Namun Oven tangkring sangat terjangkau dikantong,kalau tidak salah untuk ukuran paling besar berkisar 900rb an saja (MEREK HOCK) Jadi ukuran yang dibawahnya sudah pasti lebih murah yaaa,silahkan disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Oven Listrik & Oven Otang
2.Oven Listrik
 Oven ini keren menurut saya,saya bertahun-tahun menggunakan merek Elba,dulu kado sewaktu menikah,usianya masuk tahun ke 17,waahhhh lamaaaa bangett yaaa,punya saya ukuran 19L,bisalah masuk loyang maksimal 26cm,tapi sayang hanya satu rak,jadi harus benar-benar bersabar saat mengoven Roti apalagi kue kering,karena harus antri dan mengotori banyak loyang,tapi kalo soal kinerja oke banget,api atas bawah ada,pengaturan suhu juga adaa,timer juga ada,jadi bisalah ditinggal tidur,hahahah,kelemahan lainnya mungkin pada tagihan listrik dirumah,kalo dipakai tiap hari dan rata-rata 2-3 jam dalam sehari,pasti akan terasa saat pembayaran listrik. Sebelum membeli pastikan juga oven listrik tersebut berapa watt dan pastikan juga daya listrik dirumah bisa menahan beban oven bersamaan dengan alat elektronik lainnya dirumah,jangan sampai kamu sedang manggang Cake,terus anak tidak bisa tidur siang karena AC ngga boleh dinyalakan karena daya yang tidak mencukupi,jadi pikiirin dulu yaa sebelum membeli. Dan kalo kamu punya rezeki Lebih,beli lah oven listrik yang agak besar,biar bisa bermuatan banyak yaa,paling tidak bisa 2 Rak,harga oven listrik ini lumayan yaaa,mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. Dan Oven jenis listrik ini bisa membuat segala jenis kue,mulai dari lapis legit,roti,bolu gulung,kue kering dan bahkan kamu bisa juga memanggang ayam,kalo untuk rumah tangga sih saya memang menyarankan membeli oven jenis ini,karena sama sekali tidak menghambat kreasi kamu,asal tahan dengan tagihan listriknya,hehehehe.

3.Oven gas manual
 Oven jenis ini hanya beberapa bulan saya gunakan dan lalu saya jual pada Januari yang lalu,karena memakainya agak sedikit ribet apalagi belum terbiasa,kelemahan oven ini adalah Panas oven cepat sekali naik dan turun,bila oven dibuka sebentar saja suhu dalam ovenpun langsung turun,turunnya drastis pula,dan agak ribet yaaa,karena menghidupkan ovennya harus menggunakan pemantik,tapi oven ini sangat bagus untuk memanggang lapis legit,hasilnya akan bagus sekali,karena lapis legit memang membutuhkan panas yang tinggi agar hasilnya bagus dan merata,buat kue kering juga oke banget karena bisa bermuatan banyak,tapi kalo untuk bolu gulung,terus terang saya kewalahan menggunakannya,karena dimenit terakhir harus menggunakan api atas dan api ataspun butuh waktu untuk menstabilkannya,efeknya bolu menjadi kering,wahh pokoknya saya gerah tiap kali produksi,hihiihih,tapi oven ini bisa muat banyak sekali,dan harga relatif terjangkau mulai dari 900rb an hingga jutaan rupiah tergantung merek dan ukuran.

Oven gas manual

4.Oven Gas Otomatis
 Suatu hari saya menerima orderan 5 loyang pizza,karena saya malas menggunakan oven gas manual yang rada ribet makenya,saya menggunakan oven listik dan tangkring untuk membereskan orderan pada hari itu,akhirnya saya berpikir,oven gas manual sebenernya tidak efektif untuk saya,karena menghidupkannya saja saya sudah malas,hihihihi,akhirnya saya memutuskan untuk menjualnya dan alhamdulillah laku dengan harga tinggi. Nah sejak oven itu laku saya kembali memutar otak untuk membeli oven baru,awalnya ingin membeli oven listrik saja dengan ukuran minimal 75L atau yang 100L sekalian,tapi saya disarankan oleh teman saya untuk membeli oven gas otomatis saja,alasannya karena untuk industri kecil lebih baik memakai oven yang irit gas maupun listrik,sayapun berkeliling toko-toko di Batam sambil membawa loyang-loyang pizza dirumah,kwkkwkwk,untuk memastikan bisa masuk berapa loyang,ternyata oven gas otomatis 1 deck 1 tray bisa masuk 5 loyang pizza,dan akhirnya saya memutuskan untuk membeli oven ini saja di Batam,mengingat tidak perlu mengeluarkan uang untuk ongkos kirim yang sangatttt mahalll plus biaya packing kayu,belom lagi pertimbangan saya apabila ada kerusakan,kalo beli di Batam bisa langsung di check oleh teknisi karena masih dalam garansi,dan saya langsung jatuh hati karena cara kerjanya kece,sama seperti oven listrik tapi ini menggunakan gas,listik juga pakai sih sekitar 100watt itu hanya untuk pemantik dan alarm,tersedia banyak ukuran,tapi saya membeli yang paling kecil saja,karena seiring waktu saya sadar dengan kemampuan tangan saya untuk mengerjakan sesuatu,apalah artinya oven besar,kalo tangan kita tidak mampu membuat banyak adonan,bukan begitu? hihiihihi,waktu akan mengajarkan kita tentang banyak hal.

Dan saya rasa ini udah pas banget bagi saya,oven yang bisa masuk 5 loyang,dengan pengaturan yang kece banget menurut saya,ada api atas dan bawah dengan pengaturan suhu yang berbeda-beda,ada timer yang akan berbunyi ketika sudah matang,ada lampu juga di dalam oven,jadi kita tidak perlu membuka tutup oven untuk melihat keadaan di dalam oven,tapi konon katanya oven ini kelemahannya tidak bisa membuat lapis legit,alasannya karena oven ini otomatis,ketika suhu sudah mencapai batas,maka otomatis oven akan mengaturnya,sedangkan lapis legit harus terus menggunakan api yang stabil panasnya,tapi ada juga yang bilang bisa mengoven lapis legit,saya sendiri belom nyobaaa,tapi tidak masalah yaa,karena saya memang tidak terniat untuk jualan lapis legit yaa,ini mah untuk mastah,saya mahh masih jauhh,masih jauhlaaah dari lapis legit,hihhihi...Kalau lagi ingin makan lapis legit biasanya saya beli di holland bakery yang potongan,enak dan ngga perlu ribet,soalnya ini kue kalorinya tinggi sekali,full butter plus berpuluh-puluh kuning telur,jadi rada takut makan banyak,makanya ngga terniat untuk membuatnya dirumah,karena kalo sudah seloyang ya mau ngga mau harus dihabiskan. Soal harga oven deck otomatis ini bervariasi yaaaa,berkisar antara 6 hingga puluhan juta rupiah,tergantung ukuran,punya saya yang paling kecill,itu juga udah gede banget di dapur saya,kwkwkwkkw,belom ada kaki sih,nanti insyaAllah kalau ada rezeki mau bikin kaki oven,insyaAllah...

Nah demikian konten saya pada hari ini,semoga bermanfaat yaaa,dan semoga teman-teman yang ingin membeli ngga galau lagi,ingat lhooo,yang kita butuhkan hanya kita yang tau,jadi jangan melihat bagaimana orang lain,jangan ikut-ikutan juga,karena sekali lagi hanya diri kita yang tau apa yang kita butuhkan...Semoga bermafaat ^_^

Keyword:

Review Oven

Comments

  1. Assalamualaikum kak.. kebetulam saya juga lagi galau beli oven, rencananya ingin buka usaha cookies (tp bener2 masih rencana) nah karna masih rencana, jd pgn nya oven juga bisa dipake masak rumahan ehehe. Jadi pertimbangannya oven gas ukuran kecil. boleh share merk oven gas otomatis nya kak? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam,wah oke banget tuh jualan cookies,hehehe. Oven gas otomatisnya merek xinanfang,belinya di Batam.Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  2. Halo mba terimakasih sharing ttg oven deck, karena saya ada berencana beli oven deck ini. Yg mau saya tanyakan gimana mengenai pengaturan suhu oven punyampunya soalnya ada yg sharing juga tiap oven deck ini panasnya tidak merata jd pinter2 tahu kapan muter loyang. Nah gimana pengalaman mba dlm hal ini. Ada kendalakah dlm memanggang kue spy hasilnya bagus terimakasih seblmnya

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum mba. salam kenal. sy sedang memulai usaha bakul pizza homemade. saat ini memanggang masih pake oven listrik. maksimal ukrn. loyang 26cm. kalau pakai oven gas otomatis (ukuran paling kecil) bisa lsg masuk 5 loyang. loyangnya ukuran berapa ya mba kalau boleh tau?
    krn sy lg nimbang2 jg untuk beli oven gas otomatis 😊

    ReplyDelete

Post a Comment