Bisakah Mixer biasa untuk membuat Roti??

Bismillahirahmaanirahiim

Alhamdulillah bisa ngeblog lagi,efek tidur siang kelamaan jadinya bakal panjang malam ini ceritanya :D kali ini konten yang sangat penting menurut saya dan saya rasa juga sangat penting bagi banyak ibu-ibu diluar sana yang akan atau sedang sibuk belajar pastry. Beberapa tahun lalu saya berteman akrab dengan seorang teman yang 'maav' tidak terlalu pintar dalam ilmu perbakingan,saat itu doi berkata kalau kita memakai mixer biasa untuk membuat roti atau donat akan rusak mixernya dan kata-katanya menempel terus diingatan saya bahkan hingga beberapa hari yang lalu. Karena ucapannya jugalah saya memutuskan membeli bread maker pada awal tahun 2014,dan kemudian rusak pada oktober 2015 :D move on dan lupakan itu...hiiikkkzzzz....


Ciri Adonan kalis elastis,jika ditarik tidak sobek 
Dan beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke Rumah sahabat saya Hestii mamanya Ratu dan sesampainya disana Doi sedang membuat donat dan roti dengan mixer Philips biasa bukan mixer heavy duty yang harganya melangit,dan sejak saat itu saya baru percaya kalau mixer biasa itu bisa dipakai untuk menguleni roti dan donat karena sudah melihat sendiri,dan saya merasa senang karena dengan begini saya langsung mencoret mixer heavy duty yang harganya selangit dari wish list :D Padahal saya sudah cek di website online shop harga-harga mixer heavy duty,pikir saya saat itu,kalau beli mixer heavy duty haruslah merek bosch yang buatan Luar,biarrr aweeeetttt dan tahan lama,kebayang harus mengeluarkan uang segitu banyak hanya untuk mixer,namun Bagaimanapun Mixer tetap harus dibeli meski mahal,karena ini dunia saya,bagaimana kalau ngga bisa bikin Roti??beli Roti diluar sudah lama hilang dari ingatan saya :-p Namun Alhamdulillah ngga perlu merogoh kantong dalem untuk sebuah mixer karena mixer biasa kepunyaan saya yang seumuran dengan Intan anak gadis saya yaitu 12 tahun bisa diberdayakan untuk menguleni roti ataupun donat. Gomapsemnida Hestiii Eonni, I looppp U Full lah.....

Baca juga : Trik memanggang roti dengan oven tangkring, klik disini
Baca juga : Ulasan Tentang bread improver, klik disini
Baca Juga: Merek Ragi halal, klik disini

Adonan Kalis Elastis,mengkilat juga halus dan mulus dengan mixer philips adukan spiral
Jadi intinya Mixer biasa merek Philiipps bisa dipakai untuk menguleni Roti dan Donat dengan menggunakan adukan spiral,ngga tau kalau merek lain yaaa,saya tidak tau karena belom pernah mencoba sendiri,namun perlu dicatat,saya hanya menggunakan ini untuk 250gr terigu berikut bahan-bahan lainnya berupa 125ml air,2 butir kuning telur,30gr mentega,40gr gula pasir,1Sdt Ragi instan serta garam.Dan kalau boleh saya memberi saran pada teman-teman yang kebetulan membaca tulisan saya ini,bila ingin membeli mixer heavy duty hanya untuk Rumah tangga,lebih baik dibatalkan saja niatan itu,lebih baik menggunakan mixer biasa namun adonan jangan terlalu berat/banyak,namun bila membeli Mixer heavy duty untuk kebutuhan Industry kecil,menengah dan seterusnya,monggo yaaa beli Mixer heavy duty agar pekerjaan membuat roti dan donat bisa lebih cepat.

Semoga bermanfaat yaaa *_*

Comments

  1. mb..kalau ngukeni pk mikser gt...berapa lama ya?trus tandanya kalau uda kalis tu kyk kl d ukeni pk tangan kh?soalnya saya pernah pk mikser gt....eh...lama bgt,lbh dr 15 menitan...mpe bunyi miksernya :'(
    tp emg bukn merk philips sh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen saya pakai merek lain patah mixernya dipakai nguleni donat,lamanya sekitar 10 menit mba..tanda Kalis elastis adonan ditarik sudah ngga robek ya mba.

      Delete
  2. Mbk philips nya seri apa ya? Berapa lama ya utk bikin kalis gt

    ReplyDelete
  3. Waduh kotaknya udah ilang mba sudah 12 tahun,sekitar 10 menitan mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada foto mixernya kah bun?lg niat mau beli nih bun buat belajar perbakingan

      Delete
  4. Kalau utk menguleni mixer nya biasa dengan kecepatan brp mba? Yg paling rendah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speed paling rendah dulu beberapa saat,terus naikin sampe yang tinggi,hingga kalis.

      Delete
  5. Wahh.. Tx infonya mba..

    ReplyDelete
  6. Bun...Terimakasih banyak tulisan bunda menjawab semua pertanyaan saya berikut komentar-komentarnya.

    ReplyDelete
  7. Mba,, kalau oake mixer,, apa semua adonan langsung dicampur jd satu? Atau ada urutannya? Mohon info nya?

    ReplyDelete
  8. Enter your comment...saya barusan nyoba pakai mixer philips utk ngulen adonan roti.. mixernya lgsg mati 😩😩ya Allah ..sedih😊

    ReplyDelete
  9. Mba fotoin mixernya juga dong. Hehe..

    ReplyDelete
  10. Mba fotoin mixernya juga dong. Hehe..
    Saya pernah pake mixer miyako uleninya lama dan ga kalis2, akhirnta lanjut pake tangan

    ReplyDelete
  11. wah...untung ketemu artikel ini ...ngga jadi deeh beli mixer roti yang harganya mahal..karena mixer philips udah punya hehehe...terima kasih ilmunya :)

    ReplyDelete
  12. terima kasih infonya mba, bermanfaat banget, kebetulan ada niatan pengen coba ngulenin adonan roti pake philips,,jadi makin yakin buat pake mixer aja.

    ReplyDelete
  13. Mbak pake stand mixer philips kah untuk ngulen adonan rotinya? Saya pake hand mixer maspion 45 menit ga kalis2...saya mau nangis rasanya capek megangin... padahal terigunya cuma 125 gram lho saya mixer di tempat kecil. Sampe mikir sepertinya hanya bosch yang paling mantep bisa berhasil bikin roti.... akhirnya nemu la blog mbak hesti.. saya mau beli philips aza lebih terjangkau kantong saya.hehehe makasii mbak

    ReplyDelete
  14. Saya pernah pake mixer biasa untuk menguleni adonan donat, tapi adonannya malah naik dan masuk sampai ke dalam mesin mixer. Walhasil mesinnya penuh adonan dan rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slah masang spiralnya Bun kalo adonan smpai naik, jadi kanan ama kirinya salah, coba dicek lagi

      Delete
  15. Tadinya sy jga mau beli yg mhalan buat buat bikin roti takut ga kuat klo ngaduk adonan roti. Trima kasih pencerahannya.. :)

    ReplyDelete
  16. Niat hati pingin bikin roti manis yang menul2 tp selalu percaya klo selama ini roti bantat karena salah mixernya (bukan heavy duty) terbantahkan😁... makasi mb.. artikelnya 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Roti bantat bisa jadi karena raginya sudah ngga bagus,meski menguneni pake tangan sekalipun asal raginya bagus roti akan tetap mengembang dan ngga bantet,hanya saja tekstur rotinya kasar,tidak seperti roti yang dijual-jual orang...

      Delete
  17. Thank you for sharing your knowledge and experience. It is the most helpful explanation I have come across so far. Good job and wish you more success.
    digital marketing company in india

    ReplyDelete
  18. Siang mba, saya prnh bikin donat pke miyako.. Saya pke 500gr, gak pke lama,lgsg mati. Apa kebanyakan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat sore mba,hihiih,saya baca commentnya sore soalnya,heheheh.
      Saya blom pernah pake mixer apapun selain Phillips,jadi tidak tau bagaimana tentang mixer selain Philipps,Tapi kalo 500gr Tepung sepertinya memang kebanyakan mbaa... kesian Mixernya.... saya sampe sekarang tidak berani pakai terigu lebih dari 250gr,gpp kadang sampe mixer dua kali,daripada rusak Mbaaa...Terima kasih sudah berkunjung...

      Delete
  19. Kak aku uleni pake mixer philips lebih dari 15 menit blm kalis juga knp ya kak ?

    ReplyDelete
  20. Mbak, mixerku philips jg, tp untuk ngocok adonan cake kok nggak kaku" ya walau udah aku tungguin sampe hampir stengah jam
    Cmn putih aja, tp nggak kaku, itu rusak apa gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telurnya udah ngga bagus,atau spiral mixer/mangkoknya berminyak karena kurang bersih nyucinya... Kalo cake bisa tambahkan cake emulsifier 1sdt untuk telur 6

      Delete
  21. Mba deCinderella pakai mikser Philips seri apa? Kasih tahu dong.

    ReplyDelete
  22. sy pake mixer maspion jg bs bunda....murah cm 150an rb....yg ada stand dudukannya cm 260an rb....

    awalnya underestimate...tp krn ini brng di kasih...sy coba...alhamdulilah tetap bagus hasilnya....

    ReplyDelete
  23. Iya alhamdulillah sy pakai cosmos ,pakai adonan hingga 500gr tetap bagus hampir setiap hari buat karena pesanan pesanan roti...mungkin seperti HP atau elektronik lain ya untung untungan ,,kalau dpt yg bagus ya bagus ,kalau lg zonk ya bisa zonk mesinnya hihi..semoga mixer kita smua aman awet sentosa..aamiin

    ReplyDelete
  24. Barusan saya pake mikser phillips standing yang ulir..hanya kok tetep lengket yaa meski adonan sudah tipis tidak robek saat dicek..kebanyakan susu cair dan mentega kah?

    ReplyDelete

Post a Comment