Resep sambal bawang kecombrang Mercon

Bismillahirahmaanirahiim

Sambal Bawang Kecombrang Begitu fenomenal dan pertama kali diperkenalkan oleh bu Rudi asal surabaya,dan pada akhirnya di modifikasi banyak orang,salah satunya sambal bawang kecombrang ini,rasa sambal bawang kecombrang sungguh begitu nikmat tiada tara. Kali ini saya akan share resep sambal bawang kecombrang yaa,ini Berawal pada hari sabtu yang lalu,salah seorang customer saya di Natuna minta tolong dicarikan barang disini dan adanya hanya di toko bahan kue di Jodoh. Jadi  ya wes aku langsung meluncur kesana,setelah dari sana,mumpung masih di seputaran Jodoh,aku memutuskan untuk ke pasar sekalian,mau cari paprika sih tujuannya,tapi begitu liat cabe rawit merah dan murahh pulaa,langsung kalaaapppp,beli 1/2 kilo cabe rawit merah dan 1kg bawang merah juga kecomrang,terus terang ini yang pertama kali aku mengolah kecombrang,nah menurut mama kecombrang enak dibikin tomyam dan juga beberapa jenis pindang,next yaaa akan nyobain kecombrang dalam masakan lain.




Sambal bawang seperti biasa aku pakai resep bu Rudi yang udah baku banget dan jangan ditawar-tawar lagi,kalo mau nenawarpun silahkan ganti cabe rawitnya dengan cabe merah saja,sebagian saja yaaa,karena namanya sambal bawang ngga enak kalo ngga pedes. Kebetulan saat aku eksekusi sambal ini pass banget dengan kedatangan mama aku,jadi beliau belajar bikinnya,makan dan lalu bungkus,xixiixixixi,mama bilang enakk,ya jelaslaah apalagi kalo ditambahin cumi asin,wahhhhh bisa naik 5kilo saya,kwkwkkwkw. Sejak sakit hampir sebulan pada Februari lalu,aku ngga pernah lagi mencoba untuk menurunkan berat badan,jadi kalo olahraga ya murni hanya karena ingin sehat dan keluar keringat,soalnya sakit itu ngga enak,harus bolak balik Rs bahkan hingga ke lab segala,sejak sakit aku juga membatasi kegiatan,ngga ngoyo bangetlah sekarang jualannya,padahal februari itu sudah rencana mau buka bisnis lain masih di bidang kuliner,efek ekspedisi yang carut marut kala itu,tapi keburu sakit,ya wes aku memilih banyak santainya sekarang,toh yang bertugas mencari nafkah itu Suami,saya kalo ngga mau ya ngga apa-apa sebenernya,sehat itu lebih penting,nah sekarang kembali ke resep bu Rudi,kalo kamu baru pertama kali mencoba resep ini,jangan langsung bikin banyak yaaa,coba-coba dulu,yang penting 1:1,kalo mau bikin 100gr cabe rawit,100gr bawang merah dulu,nah berikut resepnya yaaa...

Bahan-bahan: 
500gr Cabe Rawit Merah a.k.a Cabe Set*n
500gr Bawang merah
3Siung bawang putih 
1buah kecombrang ukuran sedang,cuci bersih dan iris agak kasar
Garam,Vetsin (jika suka)
Secukupnya minyak Goreng 

Cara Membuat: 

1.Panaskan minyak Goreng,masukkan Cabe dan duo bawang,masak hingga setengah matang. Angkat.




2.Ulek Kasar Cabe dan bawang (saya pakai Blender).

3.Masak kembali dengan minyak,tambahkan garam,vetsin,aduk hingga rataa.

4.Masak hingga agak menyusut lalu masukkan kecombrang.



5.masak dengan api kecil sambil diaduk hingga matang,Koreksi rasa.  Angkat dan dinginkan.

SEMOGA BERMANFAAT yaaa....

Keyword:

Resep sambal bawang kecombrang Mercon
Resep sambal bawang


Comments