donat kentang Ala Fresco

Bismillahirahmaanirahiim

Donat,makanan lezat untuk menemani minum teh,dalam sebulan minimal 3 kali saya mengeksekusi donat untuk sarapan juga cemilan anak-anak,namun sampe hari ini saya belom pernah bikin donat original,hehhehe, selalu saja ada tambahan misalnya labu,ubi atau kentang,nah kali ini saya akan buat donat kentang,tapi ala fresco yaaa,ituwh lho yang terkenal ituwh,kalo di Batam ada di Mega Mall,persis di depan hypermart,harganya 2000 rupiah per pcs itu harga lama ya ngga tau kalau sekarang soale saya ngga pernah lagi beli produk bakery diluar,apa-apa bikin sendiri sekarang,hehhehe.

Hasil browsing sana sini saya ketemu deh resep donat kentang ala fresco,resep sih sama aja kalo saya lihat dari resep donat kentang saya yang sebelum-sebelumnya, yang membedakan hanya cara eksekusinya,terletak pada proofing nya yaa,jadi kalo donat biasa fermentasinya lebih lama,jadi mekar banget,sedangkan donat ala fresco ini sebentar saja jadi ga gendut banget kaya' donat-donat lain apalagi yang di bakery-bakery, makan satu sudah kenyang, kalo donat ala fresco ini makan satu mana cukup -_- Berikut resepnya ya...



Untuk 28pcs 

Bahan-bahan:

500gr terigu protein tinggi
50gr susu bubuk
11gr Ragi instan
(Saya pake mauripan sdh bersertifikat halal MUI)
200gr kentang
(Kukus hingga lembut,kupas kulitnya lalu blender  hingga halus dan dinginkan)
100gr Gula pasir
4 kuning telur
100ml air dingin
75gr mentega/margarin
1/4sdt garam

Taburan/topping:

Gula halus

Cara membuat:

1.Campurkan tepung terigu,gula pasir,susu bubuk,ragi instan di wadah yang bersih,aduk hingga rata,lalu tambahkan kentang aduk rata.

2.tambahkan air dan telur lalu uleni hingga kalis.kalis adalah dimana semua bahan sudah tercampur rata dan tak lagi menempel diwadah dan tangan.

3.tambahkan mentega/ margarin serta garam,uleni hingga elastis yaaa.... elastis adalah dimana adonan tampak mengkilap,licin dan adonan sudah tidak robek bila ditarik.

4.fermentasikan selama 15 menit saja(disinilah titik kritis bedanya dengan donat biasa, fermentasinya donat ala fresco ini sebentar sekali makanya donatnya ramping :D)

5.Bagi-bagi adonan,kalo saya menjadi 28pcs,soale males nimbang adonan dari dulu (jangan ditiru)-_- Kalo petunjuk resep timbang masing2 50gr,kalo saya dikira-kira saja dan ngga terlalu besar.masing-masing adonan di bulatkan ya.

6.biasanya membagi-bagi adonan habis waktu sekitar 20 menit,jadi begitu selesai bisa langsung digoreng,dimulai dari yang pertama. Goreng dengan minyak yang telah dipanaskan,goreng hingga kecoklatan.

* ambil satu adonan yang telah dibulatkan tadi,tusuk tengahnya dengan sumpit,kemudian masukkan dalam wajan yg berisi minyak yang telah dipanaskan,putar-putar donat hingga mengembang.lakukan pada semua adonan hingga habis.

7.beri topping gula halus.

Sajikan
Semoga bermanfaat ^_^


Comments