Bread maker bagus ngga sih?

Bismillahirahmaanirahiim

Kali ini ngga share resep ya tapi saya mau ngebahas soal bread maker,mungkin banyak yang ingin tau soal bread maker,bagus atau tidaknya.Alhamdulillah saya sudah pakai bread maker sekitar 7 bulanan.Suatu benda bagus atau tidaknya tergantung pada kebutuhan,hp android yang canggih mungkin menjadi tidak bagus untuk orang yang butuh hp cuma buat telpon doang,orang-orang yang sudah lanjut usia seperti mamaku misalnya,terlalu ribet,bukan begitu? :D



Bread maker diciptakan untuk mempermudah membuat roti,tinggal masukin bahan-bahan,setel pengaturan lalu keluar sudah menjadi roti tawar,namun saya sendiri ngga cocok dengan roti tawar ala bread maker, bahkan sejak membeli bread maker terhitung hanya dua kali membuat roti tawar dengan bread maker,selebihnya saya hanya pakai buat menguleni saja.kenapaaa?pinggiran roti tawar sangat tebal bila dioven dengan bread maker,keras dan tidak enak untuk dimakan(menurut saya).Jadi saya hanya menguleni dengan bread maker lalu menyambung pengovenan roti tawar di oven kesayangan saya yang sudah berumur belasan tahun. Rasanya enak,bersahabat juga lembut, ini salah satunya hasil roti tawar buatan saya,pengulenan adonan dengan bread maker dan pengovenan dengan oven,bisa klik disini 

Dan bila kepikiran beli bread maker untuk industry kecil,ini ngga bisa yaaa!saya pernah dapet orderan 50pcs donat saja,harus menguleni lebih dari 3 kali :D itu juga udh takut,takut rusak pemirsa... Pan bread maker yang saya punya ukuran 900gr,jadi total semua bahan(tepung dan teman-temannya) berat maximal 900gr,jadi saya ngga pernah pas-pas yah,selalu dibawah itu,karena takut rusak.Jadi dulu waktu beli sih ngga mikir buat industri,tapi namanya temen minta tolong dibuatkan donat,ya saya buatkan saja,ngga baik juga menolak rezeki.Mungkin ini bukan disebut kelemahan dari bread maker,karena kembali lagi bagus atau tidaknya suatu benda tergantung kebutuhan.Bread maker lebih tepatnya untuk rumahan bukan industry.

baca juga: Review tentang semua jenis oven, klik disini

Kelebihan Bread maker adalah praktis,ketika semua bahan telah masuk dalam bread maker,kita bisa melanjutkan aktifitas kita yang lain,dan bread maker akan berbunyi bila tugas-tugasnya telah diselesaikan.Menguleni jadi bisa sangat mudah serta cepat hanya butuh waktu sekitar 15 menit,maka adonanpun telah kalis elastis.kebayang dulu waktu masih menguleni pakai tangan,luamaaa dan tangan sampe pegel-pegel demi donat dan roti yang enak :D

Bread maker juga bisa membuat yogurt(tergantung merek). Membuat yogurt menjadi sangat praktis,tinggal masukin susu cair dan biang,setel pengaturan bread maker untuk yogurt,lantas 8 jam kemudian yogurt pun sudah bisa kita nikmati,dan rasanyaaa enakkkk bangett,untuk lebih jelasnya bisa klik disini . Bread maker juga bisa bikin selai lho,tinggal masukin bahan-bahan,setelah beberapa jam selaipun jadi :D tanpa repot mengaduk-aduk diatas kompor sebagaimana yang sering kita lakukan sewaktu membuat selai.

Jadi bagaimanapun membeli suatu benda itu sesuai kebutuhan yaa,kalo ngga mau numpuk-numpuk barang dirumah mendingan beli mixer heavy duty saja,bisa buat cake juga aneka roti-rotian.Tapi kalo sudah terlanjur punya mixer biasa,mungkin ga ada salahnya memilih bread maker untuk membantu kita menguleni membuat aneka roti dan donat,bonusnya bisa bikin yogurt dan selai.kalau soal harga bread maker bisa cek di lazada.co.id atau leoshopping.com

Disini saya hanya mengungkapkan kejujuran sebagai konsumen bread maker,semoga bisa menjadi acuan bagi yang ingin membeli bread maker,Semoga bermanfaat ^_^

Comments

  1. Itu mesin bread maker bisa digunakan brp kli ya setelah membuat roti yg 1 kok ga bs lg diprogam untuk roti ke 2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa mba harus dikasih jeda dulu 20menit... terima kasih sudah berkunjung....

      Delete
  2. Mba, jd kl bikin roti tawar pk bread maker pasti kulitnya keras ya ? Sy rencana mau beli bread maker yg iklanny di TV ITU JD mikir lg nih... Makasih ya infony.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba... ga enak sungguh... hihihi... saya dulu pake nguleni aja lanjut bake di oven,skrg bread makernya sudah tewas alias rusak,kalo boleh kasih saran mending beli mixer heavy duty aja... harga sudah lebih kurang aja sekarang,sudah banyak jenisnya... makasih sudah berkunjung...

      Delete
    2. Bener mba... ga enak sungguh... hihihi... saya dulu pake nguleni aja lanjut bake di oven,skrg bread makernya sudah tewas alias rusak,kalo boleh kasih saran mending beli mixer heavy duty aja... harga sudah lebih kurang aja sekarang,sudah banyak jenisnya... makasih sudah berkunjung...

      Delete
  3. Mixer heavy duty itu gmn? Td nya sy mo beli yg cosmos aja, murah. Krn kalo pk kitchen aid mahal, dan ga tiap hari jg sy bikin kue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mixer heavy duty antara lain kitchen aid,bosch,tapi cosmos ada juga skrg ya mba? Warna fanta klo ngga salah,kalo saya begitu bread maker rusak nguleni pake tangan aja,lama2 terbiasa... *-* terima kasih sudah berkunjung....

      Delete
  4. bread makernya merek apa mb?

    ReplyDelete
  5. Hmmm ... nice inpo. Skrg jd binung mo breadmaker ato mixer bosch

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga usah bingung mba,bosch aja,karena saya yang sudah pernah pakai BM kurang puas dengan hasilnya :D

      Delete
  6. Mbak, kalo boleh tau rahasia bikin roti biar ngembang maksimal apa ya mbak?habis mau pakai bm atau manual roti bikinan saya selalu bantat mbak, padahal kalau masalah menguleni saya selalu berjam2, resep juga takarannya pas.

    Atau adakah pengaruh merk dari ragi atau bread improver yg digunakan mbak? Boleh tau g mbak Kalo mbak pake merk apa?

    Mohon pencerahannya mbak..
    makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba putri,saya bukan ahli pastry tapi mudah2an bisa bantu sesuai kemampuan saya,saya biasanya pake ragi yang tlah bersertifikat halal MUi,sejauh ini merek mauripan yang saya pake,sedangkan bread improver pakai merek if 100 atau bakerine plus,tapi kadang bread improver ngga pake karena lupa,tapi roti akan maksimal mengembang sempurna lebih di titik beratkan pada pengulenan yang sampai kalis elastis,elastis dimana ketika adonan sudah mengkilat,permukaan licin dan bila ditarik tidak robek,kedua adalah cara pngovenan yaitu untuk roti berukuran besar seperti roti tawar atau roti sobek membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit dengan suhu tinggi yaitu 200'c, sedangkan roti manis mini, membutuhkan waktu 15menit dengan suhu yang sama,kalau melebihi rotinya akan keras dan bantat. Jadi titik kritisnya pada pengulenan dan pengovenan. Oiaa,terigu juga sangat mempengaruhi,usahakan pakai protein tinggi ya mba kalau untuk roti... terima kasih sudah berkunjung *-*

      Delete
  7. Bread makernya merek apa klo boleh tau sis? Soalnya saya lihat temen wa pakai bread maker panasonic, hasil rotinya lembut n cantik banget. Boleh check ig nya @sherry_gan

    ReplyDelete
  8. lagi cari referensi mixer, nyasar ke sini, makasih infonya :)

    ReplyDelete
  9. Jadi pengeen beli BM, bagusnya merk apa yaaa ,,,jd kepo..

    ReplyDelete
  10. Mba....kalau bikin roti pakai bread maker, bisa ga ya tepung terigu nya diganti tepung mocaf alias tepung singkong? Soalnya saya penderita gluten free....tidak bisa kena terigu.

    ReplyDelete
  11. Mbak, kalau bikin roti pakai bread maker...bisa ga ya tepung terigu nya diganti tepung mocaf alias tepung singkong? Sebab saya penderita gluten free, tidak bisa makan terigu.

    ReplyDelete
  12. Maaf mbak,ini yang merk apa?re bread atau bread maker?

    ReplyDelete
  13. Saya pke bread maker re bread gold alhamdulillah uda 2bulan enak2 aja. malah jadi hobi bikin roti kue pizza dll

    ReplyDelete

Post a Comment