Tepung gandum

Bismillahirahmaanirahiim

Ketertarikanku pada tepung gandum ini sesungguhnya berawal ketika aku mempelajari Hadits,Diriwayatkan oleh imam bukhari juga imam muslim,Rasulullah Saw bersabda "Bila salah seorang dari keluarganya meninggal,dan kaum wanita berkumpul lalu bubar kecuali dari pihak keluarganya,maka ia menyuruh untuk menyediakan periuk berisikan bubur yang dimasak dari gandum yang lembut.Kemudian ia membuat campuran daging dan roti dan menuangkan gandum lembut.Setelah itu Aisyah Ra berkata: Makanlah darinya karena aku telah mendengar Rasulullah Saw bersabda: "Bubur gandum lembut bisa menghimpun hati yang sakit yang menghilangkan kesedihan" (HR Bukhari Muslim). Sejak saat itu jadi ingin sekali mencoba membuat bubur gandum.



Tepung terigu dan tepung gandum sebenarnya dari bahan yang sama yaitu biji gandum,yang berbeda hanyalah proses penggilingannya saja.Tepung gandum utuh hanya dibuang kulit luarnya saja,sehingga mempunyai serat yang lebih banyak daripada tepung terigu,teksturnya kasar,dan berwarna kecoklatan. Sedangkan tepung terigu merupakan hasil penggilingan biji gandum paling dalam yaitu inti biji gandum yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Namun dari segi gizi tepung gandum jauh lebih unggul,karenanya tepung gandum ini sangat dianjurkan untuk yang sedang menjalani diet,banyak serat yang terkandung didalam tepung gandum membuat rasa kenyang lebih lama,meski makan sedikit saja hasil dari olahan tepung jenis ini.

Gandum adalah kelompok tanaman serelia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat.Gandum ini biasa diproduksi untuk tepung terigu,pakan ternak dan juga fermentasi alkohol.Biji gandum sendiri berbentuk oval dan bertekstur keras,dengan panjang 6-8mm dan diameter 2-3mm. Biji gandum terdiri dari tiga bagian yaitu bagian kulit(bran),bagian endosperma,dan bagian lembaga(germ).

Menurut Arkeolog gandum berasal dari timur tengah,turki,syiria,irak dan iran,namun sejarah cina menunjukkan budidaya gandum telah ada sejak 2700 sebelum masehi. Secara umum Gandum diklasifikasi menjadi hard wheat,soft wheat,dan durum wheat.Dan Hard wheat yang paling banyak dibudidayakan diseluruh dunia karena jenis ini yang biasa dibuat untuk roti karena mempunyai kadar protein tinggi. Ciri-ciri jenis ini kulit luar cokelat,dan bijinya keras,dan berdaya serap air tinggi.

Manfaat tepung gandum:

1.Jantung sehat

2.Mengurangi Resiko darah tinggi

3.Meningkatkan kekebalan tubuh

4.melindungi perut dan usus dari masalah pencernaan

Berapa harga tepung gandum? Dan dimana bisa mendapatkannya? Kalau di Batam di toko langganan saya toko Tunas Maju jodoh,harganya 40rb perkilo.

Semoga bermanfaat ^_^


Comments

  1. Maaf toko tunas maju, dimananya ya...
    Mungkin lebih spesifik lagi.
    Krn jodoh luas.

    ReplyDelete

Post a Comment