Apa beras Basmati? Beras basmati di Batam

Bismillahirahmaanirahiim

Sejak kecil saya sudah tidak asing lagi dengan nasi minyak atau nasi briyani,hal ini bukan karena mama sering bikin yaa,kami makan beginian kalo ada yang mengadakan pesta pernikahan saja,di Palembang sering sekali menyajikan nasi briyani sebagai salah satu hidangan pesta,namun biasanya juga disediakan nasi putih,sejak merantau ke Batam tak lagi pernah terlihat nasi briyani atau nasi minyak ini di acara pesta pernikahan,dimana bumi dipijak disitu langit di junjung,di Batam bila ada acara resepsi pernikahan atau apalah hidangannya condong kepada sumatera barat,hehhee,ini not bad juga,masakan padang enak,cetar dimana-mana bahkan rendang menjadi salah satu makanan terlezat di dunia ya,kerenn...hehhehe...

Waktu kecil ngga terpikir beras apa yg dipakai untuk membuat nasi minyak atau nasi briyani,pokoknya makan saja,beberapa waktu lalu sewaktu adik sepupu saya menikah di Malaysia menghidangkan nasi briyani , dan om saya ternyata adalah tukang masak nasi briyani atau nasi minyak disana,jadi om saya itu sering dipanggil untuk masak nasi briyani kalau ada yg mau mengadakan pesta pernikahan, bayarannya lumayan lho,bego'nya saya dulu ga kepikiran mau nanya-nanya resep atau cara bikinnya,hihihi,saya mulai menggilai dunia memasak itu dimulai awal tahun 2014 dan sekarang baru kepikiran mau menakhlukan nasi briyani ini dan setelah ngubek-ngubek gugel ternyata nasi briyani ini menggunakan beras basmati , apa itu beras basmati yuukkk baca terus sampe selesai yaaa ^_^

Dokumentasi pribadi

Beras Basmati adalah beras asli dari india/pakistan. Beras ini mempunyai kandungan Glukosa yang rendah.Beras ini sangat cocok untuk yang menderita penyakit gula (diabetes).Beras ini sangat populer ya di kalangan komunitas india,terutama nih yang bermukim di Malaysia,di negara kita Indonesia beras Basmati masih dikonsumsi kalangan terbatas saja. Mungkin hal ini dikarenakan harganya yang mahal sekali,saya sempat membaca di detik com,harga beras basmati dibandrol 150rb rupiah untuk kemasan 2kg mereknya Lal qilla(liat gambar dibawah). penampakan beras ini berbutir panjang/long grain.


Dokumentasi detik com

Di Batam harganya tidak semahal yang saya baca di detik com,tapi beda merek yaaa,hal itu mungkin saja terjadi,beda kualitas pasti beda harga,di Batam saya menemukan beras ini di gelael sungai panas dan dibandrol 63rb rupiah untuk kemasan 1kg merek nya Daawat. saya membeli beras ini untuk belajar bikin nasi briyani,nasi briyani yang sudah matang di Batam harganya 75rb perporsi,tersedia di martabak har Nagoya bila ingin mencobanya, harganya memang cukup menguras kantong tapi memang sesuai dengan rasa nasi briyani yang lezat -_- 

Beras basmati berbutir panjang
Dokumentasi pribadi 

Semoga bermanfaat

Comments

  1. Kalau di batam beli brasmati nya dimana?

    ReplyDelete
  2. Kalau di batam beli brasmati nya dimana?

    ReplyDelete
  3. Klu mau beli mending d spore ajah sis daerah geylang di toko india harganya $4,90/kg merk daawat,,karena aq juga beli beras ini buat mama n papa aq karena tidak mengandung gula baik untuk org tua,,

    ReplyDelete
  4. Saya jual basmati merk da awat. Abu kas.dll.masing masing dgn harga seragam Rp 60.000/Kg.bisa hub saya langsung 0812.9088.9995 (WA).Adams,Jkt

    ReplyDelete
  5. Saya jual basmati merk da awat. Abu kas.dll.masing masing dgn harga seragam Rp 60.000/Kg.bisa hub saya langsung 0812.9088.9995 (WA).Adams,Jkt

    ReplyDelete
  6. Daerah Jakarta ada ga beras Basmati..?

    ReplyDelete
  7. Daerah Jakarta ada ga beras Basmati..?

    ReplyDelete
  8. yang minat beras basmati monggo kontak saya di 087770946596
    harga 55rb/kg ready abu kass, india gate, taj, malika,

    ReplyDelete
  9. Mahal kali ya harga berasnya kalau di Jakarta satu kilonya itu bisa buat 5 kilo beras Jakarta..

    ReplyDelete
  10. Mohon infonya gan tuk grosir atau distributors bahan makanan timur tengah dan beras basmati sekitar makasar atau Jakarta..

    ReplyDelete
  11. mau murah beli di Melbourne aja, 5 kg cuma $17 alias 170 rebu, cuma 34 rebu per kg, dapet Daawati kualitas super.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana saya bisa dapat itu, kebetulan saya ada keluarga di Melbourne. Boleh saya minta Info disana?

      Delete
  12. Enaknya pake basmati itu lebih hemat itungannya buat masak, biasa pake 4 cup di rice cooker buat beras biasa, pake basmati cuma pake 3 cup karena basmati bakal mengembang dan banyak menyerap air.
    Kalo pakai beras basmati yang bagus maka bau prengus ga ada, selain itu warnanya juga putih bagus nanti nasinya.

    Dari segi kesehatan, basmati lebih unggul karena beras ini lebih sehat, lebih rendah kandungan karbohidratnya dibanding beras biasa.

    Perlu di budidayakan secara lokal beras ini biar ga perlu impor lagi dari India nantinya.

    ReplyDelete
  13. wah baru tau saya tentang beras ini, btw thanks infonya

    ReplyDelete

Post a Comment